Aku Cinta Padamu

small rss seocips Music MP3
Aku Cinta Padamu Koesplus

Minggu, 14 Agustus 2016

Sejarah Perkembangan Musik di Indonesia



Sejarah Perkembangan Musik di Indonesia

Salam Kenal sobat pembaca blog ini,… pada pembahasan kali ini saya akan berusah menceritakan tentang sejarah music di Indonesia. Mungkin banyak orang yang kurang memahami musik asli dari Indonesia sendiri, kebanyakan dari mereka menganggap bahwa musiknya orang Indonesia ya pastilah music melayu atau banyak orang yang mengenalnya dengan Dangdut,… padahal yang terjadi sebenarnya tidaklah demikian. Pertama kali penduduk asli yang sekarang dinamakan Indonesia adalah music yang dinamakan Bi-tone yaitu music yang hanya bernadakan Dua,…. Mereka membunyikan musik dengan menggunakan alam,… seperti contohnya adalah menggunakan batu, dan bamboo untuk klotekan,… biasanya mereka membunyikan musik jika mereka sedang mengadakan upacara-upacara adat yang bernuansakan magic atau supranatural. Itulah yang aslinya terjadi di suku suku asli Indonesia,… jadi sangatlah salah kaprah kalau kita menganggap music melayu sebagai peradaban atau budaya asli yang berasal dari Indonesia.

Nah seiringnya berkembangnya jaman,… ketika kaum hindu menyebarkan agama di Indonesia, yaitu sekitar abad ke 4,… mereka membawa peradaban dan budaya dari negri mereka,… ketika itu muncullah kerajaan kerajaan kuno di Indonesia,… dan banyak peradaban yang berkembang di Indonesia, waktu itu namanya belom Indonesia tentunya,… dan tentang peradaban musiknya mulai ada musik musik gamelan,… musik gamelan waktu itu hanya ada di kerajaan saja,… tujuan musik diadakan adalah untuk menghibur para raja raja atau pembesar istana dan tamu tamu kehormatannya,… musik gamelan memiliki banyak sekali persoil,… yang jelas mereka terbagi menjadi lima bagian. Adapun bagian bagian tersebut antara lain adalah;
1.       Bagian kendang,
2.       Bagian balungan,
3.       Bagian blimbingan,
4.       Bagian pencon,
5.       Dan bagian lain lain seperti misalnya penyanyi / sinden.

Music jenis ini sudah tidak lagi BI-tone yang mempunyai dua jenis bunyi saja,… tetapi sudah memiliki 5tone yang jauh lebih banyak dari sebelumnya yang kita punya,….

Budaya ini berkembang cukup lama sampai akhirnya sekitar diabad ke 7 mulai masuk agama islam di Indonesia,… ketika agama islam masuk ke Indonesia,.. mereka kaum islam juga membawa peradaban dan budaya dari negeri mereka yaitu bangsa Arab,…. Untuk budaya musiknya mereka menggunakan alat musik rebana dan gambus,…. Alat musik ini rupanya cukup bisa menggeser budaya gamelan, walaupun tidak seluruhnya hilang,… budaya rebana dan gambus cukup berkembang pesat sampai sekarang kita kenal dengan kosidah..

Sama halnya dengan budaya gamelan,… budaya gambuspun berkembang cukup lama di tanah air,…. Sampai pada akhirnya masuklah bangsa barat ke negri kita yaitu sekitar abad ke 16,… mereka membawa ajaran agama katolik dan Kristen di Indonesia dan untuk budaya musiknya,… mereka banyak memperkenalkan alat alat musik yang lebih baru tentunya,… mereka memperkenalkan alat music seperti piano, guitar, cello, ukulele, flute, sax dll. Selain itu mereka juga mengajarkan bagaimana membaca notasi, sehingga memainkan lagupun dengan menggunakan notasi yang tertulis,… nah dijaman inilah masyarakat kita banyak mengalami perkembangan budaya musik yang sangat pesat karena musiknya sudah modern,… akhirnya terjailah perpaduan antara budaya barat dan budaya tanah air yang sekarang kita kenal dengan music keroncong.

Dimasa inilah awal molainya perkembangan music yang modern, sampai pada saat ini, karena perkembangan jaman dan perkembangan teknologi yang pesat,… maka musik barat yang membawakan banyak irama ke Indonesia seperti irama Jazz, Blues, Pop dan Rock,… berpadu dengan budaya music rebana dan gambus dan budaya hindu dari india,… serta music melayu, maka lahirlah pula irama music Dangdut di indosia seperti yang sekarang kita nikmati.