Aku Cinta Padamu

small rss seocips Music MP3
Aku Cinta Padamu Koesplus

Jumat, 12 Agustus 2016

Cara Cepat Belajar Gitar untuk Pemula


Cara Cepat Belajar Gitar untuk Pemula

Banyak diantara kita yang ketika melihat orang yang sedang smemainkan sebuah alat music menjadi ingin memainkannya, apalagi didalam pergaulan anak muda sekarang ini,… tidak sedikit diantara mereka yang ketika kumpul kumpul dengan teman teman, mereka bernyanyi nyanyi dengan menggunakan alat music,… biasanya alat music yang paling banyak digemari oleh kalangan anak muda adalah Gitar.
Tetapi yang jadi masalah adalah kalau kita ternyata belum bisa memainkan alat music tersebut. Tentu kita akan berusaha untuk belajar dengan cepat, untuk bisa memainkan alat music tersebut. Tentu kita akan bertanya Tanya kepada seseorang yang yelah mahir memainkannya,… maka kita akan mengunjunggi guru guru les music yang dapat mengajarkan dengan cepat agar kita dapat  memainkan alat music. Tetapi tentunya dengan biaya yang mungkin tidak sedikit, kecuali bagi anda yang memang berlebih dalam hal keuangan…. Itu tentu akan lebih bagus. Atau kita mungkin akan mendatagi teman teman kita yang anda kira bisa mengajari anda secara GRATIS,… tetapi mungkin akan bisa membuat teman anda merasa terganggu karena GRATIS-nya itu,…  hahaha…. Atau mungkin anda merasa malu, karena anda kurang menunjukkan perubahan yang signifikan….
 Nah… Bagi anda yang menginginkan untuk belajar music secara GRATIS dan cepat, maka disinilah tempatnya anda bisa belajar music dengan cepat tanpa merasa malu dengan siapapun.
Untuk bisa belajar music, dalam hal ini gitar,… tentunya ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan,… yang pertama adalah memiliki alat music sendiri,… pilihlah gitar yang nyaman dipakai anjuran saya adalah gitar yang memiliki senar nylon, karena akan membuat jari jari anda merasa lebih nyaman dan tidak sakit waktu memainkannya,… yang kedua adalah semangat yang tinggi dan pantang menyerah, disiplin terhadap diri sendiri pada saat latihan, setiap hari minimal latihan selama 1jam,… saran saya,… soalnya saya sendiri waktu belajar dulu juga disiplin mas bro,… 1 hari minimal 3jam saya berlatih,…  untuk melemaskan jari anda,…konsentrasi tentu sangatlah diperlukan,…. Dan Kemudian banyak banyak mendengarkan lagu.

Untuk selanjutnya, saya akan membagikan cara bermain music dasar,… baiklah kita mulai saja dengan belajar bermain di nada dasar C. ada beberapa chord yang berhubungan atau yang digunakan untuk bermain music di nada dasar C, yaitu ; C, Dm, Em, F, G, Am. Kemudian bermain dengan nada dasar C#, yaitu ; C#, D#m, Fm, F#, G#, Bes m. Kemudian bermain dengan nada dasar D, chord yang digunakan adalah ; D, Em, F#m, G, A, Bm., Kemudian bermain dengan nada dasar D# chord yang digunakan adalah ; D#, Fm, Gm, G#, Bes, Cm .Selanjutnya bermain dengan nada dasar E, chord yang digunakan adalah ; E, F#m, G#M, A, B, C#m.  bermain dengan nada dasar F, chord yang digunakan adalah ; F, Gm, Am, Bes, C, Dm. bermain dengan nada dasar F#, chord yang digunakan adalah ; F#, G#m, Bes m, B, C#, D#m. bermain dengan nada dasar G, chord yang digunakan adalah ; G, Am, Bm, C, D, Em. bermain dengan nada dasar G#, chord yang digunakan adalah ; G#, Bes m, Cm, C#, D#, Fm. bermain dengan nada dasar A, chord yang digunakan adalah ; A, Bm, C#m, D, E, F#m. bermain dengan nada dasar Bes, chord yang digunakan adalah ; Bes, Cm, Dm, D#, F, Gm.  bermain dengan nada dasar B, chord yang digunakan adalah ; B, C#m, D#m, E, F#, G#m. atau akan lebih mudah lagi untuk dimengerti maka akan saya buatkan tabel seperti dibawah ini.



                Dari tabel diatas,… jika kita memainkan gitar atau alat music lainnya, maka jika sebuah lagu missal bernada dasar C, dan berpindah ke Dm, maka jika kita memainkan lagu tersebut di nada dasar D, maka kita seharusnya berpindah ke Em,…  jika sebuah lagu bernada dasar C dan berpindah ke F, maka jika kita memainkan lagu tersebut di nada dasar D maka kita seharusnya berpindahnya ke G. begitu seterusnya,…. Tabel yang saya buat ini sangatlah memudahkan kita untuk memainkan music,…

Kita ambil saja contoh nya missal; lagu balonku ada lima yang dimainkan dalam nada dasar G, dan chord yang harus kita mainkan adalah seperti dibawah ini;

G
Balonku ada lima
.          D                     G
Rupa-rupa warnanya
.         C                    G
Hijau kuning kelabu
.            D                    G
Merah muda dan biru
G                                  G
Meletus Balon Hijau, DOR!!
.         C        D       G
Hatiku sangat kacau
.           C                      G
Balonku tinggal empat
.          C          D     G
Kupegang erat-erat

Tetapi jika kita memainkan lagu balonku ada lima tersebut dengan nada dasar C misalnya, maka chord yang harus kita mainkan adalah;

C
Balonku ada lima
.          G                     C
Rupa-rupa warnanya
.         F                    C
Hijau kuning kelabu
.            G                    C
Merah muda dan biru
C                                  C
Meletus Balon Hijau, DOR!!
.         F        G       C
Hatiku sangat kacau
.           F                      C
Balonku tinggal empat
.          F          G     C
Kupegang erat-erat


                Nah,… semoga penjelasan saya bisa anda mengerti dengan mudah,…  berikut ini adalah chord dasar yang seringkali kita gunakan dalam bermain music;

Chord C

Ø  Keterangan;
Ø  Yang  bulat dan yang kotak adalah tempat dimana kita meletakkan jari kita,… hanya saja yang bertanda kotak itu adalah Bass dari chord C….. senar yang berada diatas tanda kotak berarti tidak boleh dibunyikan.
Ø  Angka disampingnya yang berwarna merah adalah letak jari kita, jika angka 1 maka kita harus menekannya dengan jari telunjuk, angka 2 berarti kita harus menekannya dengan jari tengah, angka 3 berarti kita harus menekannya dengan jari manis, dan angka 4 kita harus menekannya dengan jari kelingking. Lihat gambar dibawah ini…. Keterangan ini  berlaku untuk semua gambar chord yang ada dibawah keterangan ini.


Chord Dm

Ø  Keterangan;
Untuk yang bertanda kotak itu dibunyikan karena merupakan bass dari chord D, tetapi tidak ditekan dengan jari apapun….(los)untuk selanjutnya keterangan sama seperti di atas.

Chord Em


Chord F


Chord G


Chord Am
   
          Nah gambar diatas adalah chord dimana kita bermain gitar di nada dasar C.   untuk chord di nada dasar lain, silahkan klik icon Chord dimenu atas,.... dan bagi anda yang ingin langsung mempraktekkannya dengan lagu yang sederhana,... maka saya sediakan beberapa lagu sederhana yang gampang untuk belajar gitar anda,... semoga belajar gitar anda menyenangkan. terimakasih telah menggunjungi blog kami,.... dan jangan lupa kirim komentar anda

1 komentar: